Monday, September 28, 2009

Ayo cobain berlibur di Pulau Pramuka.......... Berlibur saat ini di Pulau Pramuka seperti berlibur di Bali, soalnya sekarang hampir setiap sabtu minggu banyak Bule yang liburan disana. Selain Mancing disana juga banyak Spot buat Diving loh, aku aja takjub dan heran ternyata di Pulau Pramuka masih banyak aneka ikan dan terumbu yang terjaga kelestariannya. Tentunya Faktor manusia yang sangat menentukan lestari atau tidaknya alam ini, makanya kita sama-sama melestarikan keindahan alam kita....

MUSIM TONGKOL DI PRAMUKA

Salam sobat mancing semua....! Setelah melewati bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri kamipun tidak mau waktu liburan yang hanya tinggal 5 hari habis dengan sis-sia, sisa liburan itu kami tutup dengan berlibur di Pulau Pramuka. Ternyata liburan kali ini di meriahkan pula oleh sekawanan tongkol yang rata-rata per-ekornya berukuran 4kg s/d 5kg, cukup lumayankan buat melatih otot bisep kita. Perjalan kami menuju Pramuka juga cukup menyenangkan, selain kondisi alam yang teduh dan air laut yang tenang sangat cocok sekali buat liburan bulan September ini di Pulau Pramuka. Setibanya kami di Pulau Pramuka istirahat mengawali aktifitas pertama kami di sana, sambil menikmati masakan khas warga Pulau yang pastinya lezat dan bernuansa seafood. Sekitar pukul 4 sore rekan kami Pak Gonyor mengabarkan kalau nelayan pancing saat ini sedang berburu kawanan tongkol di arah barat Pulau Pramuka, kamipun bergegas untuk ikut bergabung dalam perburuan tersebut. Bang udin membawa kami menuju lokasi dimana kawanan tongkol tersebut berkumpul, dan kamipun segera melepaskan umpan dengan harapan disambar oleh kawanan tongkol tersebut. Waktu yang terlalu sore dan arus yang sudah mulai menguat memaksa kami untuk kembali kedarat, dengan membawa 4 ekor tongkol yang rata-rata berukuran 3kg s/d 5kg bang udin pun menawarkan untuk membakar tongkol tersebut untuk kami makan pada malam hari. Ternyata sejak pertengahan bulan September 2009 kawanan tongkol berkeliaran di sekitar Pulau Pramuka, sehingga nelayan pancing tidak ingin melewatkan kesempatan itu dengan memancing setiap hari untuk berburu tongkol. Saya Informasikan buat sobat mancing semua untuk mencoba datang ke Pulau Pramuka dan mencoba Strike tongkol disana, Sampai ketemu di Pulau Pramuka ya.............!

MONSTER BINUANGEN

Tuesday, July 7, 2009

CONTAC PERSON SEWA KAPAL DI BINUANGEN

1. KM RobbyContact person : - Relawan : 08170000892Harga Sewa : Rp. 5,500,000Kapten : EdiABK/Crew : 4 org Rajin2Kelengkapan : FF, GPS, RadioFasilitas : Kamar AC, Kamar mandi, Kulkas,TV & Music, Dapur,meja makan putar, Kursi ajar 3 bh ,ada live bait tank

2. KM Putra Sulung 1No telp: 0252- 5600490 (Pak Suryadi)Hp: 085215240196Harga sewa: 5 juta Kapten: Suryadi (ini perlu krn ada bbrp kpl yg kaptennya cabutan)Crew: ABK 3 orangKelengkapan: FF -garmin 160c, GPS, radio, 2 Kamar Non Ac, Dapur, Toilet, Meja, Kursi lain2: jago mancing dasaran dll,

3. KM Putra Sulung 2No telp: 0252- 5600490 Hp: 085215240196 Harga sewa: 4 juta Kapten: Ade Crew: ABK 3 orangKelengkapan: FF -garmin 160c, GPS, radio, 2 Kamar Non Ac, Dapur, Toilet, Meja, Kursi

HOT SPOT BINUANGEN

Ciara : 106*02,7' BT dan 06*56,2' LS.Kadang kadang marlin dapat ditemui di hotspot ini.

Karang Cijulang : 105*47,1' BT dan 06*53,4' LS.Lokasi ini cocok untuk trolling kuwe, tenggiri maupun mancing dasar kurisi.

Karang Inpres : 105*37,1' BT dan 06*57,2' LS.Walaupun banyak yang bilang bahwa daerah ini lebih cocok untuk mancing dasar daripada trolling, tetapi dimusim-musim tertentu kadang kala anda dapat menjumpai rombongan kuwe bermain di hotspot ini.

Karang Sodong : 105*34,7' BT dan 06*53,8' LS.Hotspot ini cocok untuk trolling kuwe dan tenggiri.

Karang Deef : 105*41,3' BT dan 06*59,5' LS.Berbagai jenis ikan dari wahu, tenggiri, baracuda, kuwe sering terlihat disini.

Karang Tinjil : 105*45,0' BT dan 06*58,8' LS.
Tanjung Selatan Tinjil : 105*50,6' BT dan 06*57,7' LS.Kedua hotspot diatas berada di seputar pulau Tinjil.

Tanjung Selatan Deli : 105*34,8' BT dan 07*01,2' LS.

Karang Rente : 105*28,6' BT dan 07*01,7 LS Kedua hotspot ini terdapat diseputaran pulau Deli.

Karang Tengah : 105*22,5' BT dan 07*03,1 LS

STRIKE TENGGIRI DI EAGLE ISLAND (PRAMUKA)

Sunday, July 5, 2009

Salam kenal...! Saya Yudi Satria biasa mancing di laut dan empang. Mau sedikit cerita nih bro' sekitar tahun 2006 saya dan teman saya mencoba mancing dasar di sekitar pulau pramuka, ternyata kondisi arus air laut tidak sesuai dengan yang kami harapkan. Arus yang kuat membuat saya berfikir untuk mencoba trolling, ternyata setelah setengah jam kapal mengitari pulau akhirnya umpan trolling kamipun disambar tenggiri (strike!!!). Sekitar 15 menit tenggiri baru bisa naik ke perahu dan kamipun gembira sekali, karena jarang sekali pemancing bisa strike tenggiri dengan ukuran lumayan besar di Pulau Pramuka (P.1000).

Dengan pengalaman baru tersebut setiap saya kembali ke Pulau Pramuka pasti mencoba trolling, trolling di Pramuka lumayan menjanjikan karena ikan disana cukup besar untuk jadi target trolling.
Makanya saya menghimbau sobat mancing semua untuk mencoba spot trolling tenggiri di sekitar pulau pramuka, anda dapat menghubungi Bpk. Gonyor yang tinggal di belakang dermaga Dinas Perhubungan.

Semoga anda dapat menikmati kepuasan memancing di Pulau Pramuka dengan Aneka Ragam jenis ikannya, jika beruntung saat memancing disana anda akan ditemani kerumunan ikan lumba-lumba dalam jumlah kurang lebih 50 ekor yang melompat disekitar perahu anda.

BINUANGEN SURGANYA MONSTER LAUT

Hasil browsing saya di Internet menunjukkan banyak sekali pemancing yang bilang Binuangen surganya ikan, beneran apa bohongan ya...? Keinginan untuk mencoba memancing di Binuangenpun muncul, berharap dapat merasakan strike berbagai macam ikan besar disana. Suatu ketika sekitar pertengahan tahun 2007, teman sehobian saya Bapak Purwanto beserta putranya Bowo mengajak untuk mancing di Binuangen. Dengan penuh rasa senang sayapun menerima tawaran tersebut, dan akhirnya kami berangkat menuju binuangen dengan perasaan gembira.

Setibanya kami di penginapan kami beristirahat semalam supaya kondisi fisik kita kuat, dan pada pagi harinya kami berangkat dengan menggunakan kapal sewaan berfasilitas lengkap (GPS, Fish Finder, Kamar, Toilet, dan 4 orang ABK yang terampil). Setibanya di spot pertama ABK kapal langsung menyiapkan segala kebutuhan kami, mulai dari piranti sampai umpan untuk memancing dasar. Setelah semua siap kami langsung melemparkan umpan kami, dan selang beberapa menit kami semua dikejutkan oleh sambaran ikan dasar yang begitu kuat. Ternyata umpan kami semua dimakan oleh ikan Amberjack dengan berat rata-rata 20-25 kg, semua berteriak STRIKE bersahutan karena saya dan semua rekan strike bersamaan. Ternyata tepat di bawah kapal kami adalah spot amberjack dan ikan sejenisnya, seperti yellow fin travelli, GT, dan banyak jenis ikan lainnya.

Karena ombak begitu besar akhirnya pada sore hari kami putuskan untuk merapat ke sekitar pulau tinjil, dan keesokan paginya kami beru berangkat kespot dahsyat lainnya. Tentunya pengalaman waktu itu menjadi pengalaman yang berkesan buat saya, ternyata Binuangen bener-bener surganya ikan...! Buat pemancing mania pasti nyesel kalo ga nyobain mancing di Binuangen, jangan lupa bawa cadangan piranti yang lengkap! karena tidak menutup kemungkinan anda akan mendapatkan sambaran blue marlin dengan bobot 100 kg.